Home » , » Cara Meningkatkan Kreativitas

Cara Meningkatkan Kreativitas

Written By Unknown on Minggu, 03 November 2013 | 22.10

Kami tidak tau sekarang anda bekerja dimana, jadi apa, memiliki produk sendiri, maupun memiliki masalah yang membuat lupa akan akan diri anda. Tapi yang jelas apapun itu, anda butuh yang namanya kreativitas untuk bisa membuat hidup anda lebih berwarna.

Berikut kami akan memberikan tips cara meningkatkan kreativitas agar anda selalu bisa memecahkan masalah dengan kreativitas yang anda miliki.

1. Hindari suasana yang sepi
Bukan kayak pekerjaan detail-oriented yang memerlukan analisa serta ketelitian, kreativitas justru akan muncul di tempat yang mempunyai distraksi atau gangguan. Atas alasan inilah mengapa begitu sulit untuk memunculkan inspirasi dan ide ketika Anda berdiam dan mengurung diri dalam ruangan untuk menghindari distraksi.
Sebuah study dari Illinois University mendapatkan fakta bahwa kebisingan dalam  skala sedang bisa meningkatkan proses berpikir kreatif. Singkat kata, distraksi menghambat jalan pemikiran, yang mana merangsang otak kita untuk berpikir lebih luas dan abstrak, itu tentu saja menjadikan anda lebih kreatif. Para peneliti juga mendapatkan fakta bahwa kebisingan harus dalam skala sedang (sekitar 70 desibel, sama dengan suara latar belakang TV/Radio atau  suara  seseorang yang sedang membersikan lantai dengan penyedot debu ) untuk meningkatkan kreativitas. Sedangkan kebisingan atau suara dalam tingkat lebih keras atau lebih pelan tidak ada pengarauh dalam berfikir kreatifitas.
Bila sekarang anda lagi mencari solusi untuk kreativitas, cobalah 'ganggu' pikiran Anda dengan bekerja di tempat yang dapat memberikan Anda sedikit distraksi seperti kafe Berbincang-bincang dengan teman.

2. Hindari Diam dan mengkritik dirisendiri
Bila kita baru memulai sesuatu hal di luar kebiasaan, kita akan membuka diri terhadap pengawasan dan kritik. Dalam banyak kasus, justtu diri kita sendirilah yang selalu banyak memberikan kritik yang mengagalkan ide-ide kita. Kiat akan susah mengeluarkan kreativitas kita bila kita sendri akan kuatir akan pekerjaan yang kita lakukan.
Bila anak kecil ingin menggambar misalkan, dia akan terus menggabar apa saja yang ia inginkan tanpa ada beban dan tekanan untuk mengambil resiko dia tidak peduli akan hasilnya sehingga dia bisa enjoy dalam menyelesaikan apa yang di gambar, sedangkan orang dewasa akan membuat planning yang ia sketsa baru setengah jadi ia sudah memikirkan banyak hal tentang hal itu yang membuat tidak jadi akan rencananya sendiri.

Kritik diri akan menghambat pikiran Anda untuk berfikir kreatif jadi carilah cara untuk mengusir 'bisikan-bisikan’ negatif ini dari benak Anda. Misalnya, biarkan diri Anda melakukan brainstorm dengan mencatat semua ide-ide setiap kali Anda memikirkanya. Setelah selesai ditulis ide dan gagasan tersebut barulah pikirkan apakah ide tersebut baik untuk wujudkan atau tidak.

3. Bereksperimen dengan lingkungan kerja Anda
Saat bising di kafe dan taman bisa membantu Anda meningkatkan inspirasi dan kreativitas, cobalah untuk membikin perombakan suasana kerja Anda sendiri. Misalnya, medengarkan nada atau music yang se irama seperti di café.
Selain musik, Anda bisa mencoba dengan warna. Studi di British University of Columbia menemukan bahwa warna biru bisa bikin Anda menjadi lebih relaks kreatif kreatif, sedangkan merah bisa menambah performa dalam pekerjaan yang membutuhkan kejelian dan ketelitian.

4. Kurangi kesibukan
Bila hari-hari Anda, setiap hari, minggu bahkan bulan hanya di isi 'menyelesaikan deadline', Anda tidak mempunyai waktu untuk mencoba. Google adalah salah satu perusahan iklan terbesar yang berbasis internet dikenal dengan strategi unik memberikan staff-nya 20 % dari waktu kerja mereka setiap minggu untuk melakukan proyek spesial.anda juga bisa meniru apa yang telah dilakukan goole. Coba sediakan waktu luang untuk diri Anda setiap hari (meskipun hanya 15-30 menit) untuk menjauh dari komputer atau pekerjaan yang membosankan dan bebaskan pikiran anda untuk berfikir.

5. Kembangkan diri dari zona aman
 Kebanyakan orang tidak mempunyai pengalaman yang beragam. Sehingga mereka tidak mempunyai cukup 'titik' untuk dihubungkan, dan mereka berakhir dengan solusi yang sangat linear.' Kadang-kadang langkah terbaik untuk mendapatkan pemikiran kreatif adalah dengan mencari pengalaman baru dalam hidup.

Bila  Anda mentok dalam berpikir kreatif, cobalah sesuatu yang baru seperti membaca artikel, makan malam dengan teman dari divisi lain atau datang ke  sebuah event atau seminar diluar pekerjaan. Karena Anda tidak akan pernah tahu darimana ide akan datang, maka jangan pernah ragu untuk mencari inspirasi dari apa dan siapa saja yang bisa Anda jadikan sumber ide Anda berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar